Minggu, 15 Januari 2012

Tugas 2

► Individu

Kehidupan sosial yang baik antara individu dengan individu lainnya merupakan awal dari terciptanya keluarga dan masyarakat. Ini merupakan langkah awal dalam terbentuknya suatu hubungan-hubungan sosial yang terjalin di dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. Sebagaimana, tanpa adanya individu keluarga dan masyarakat tidak akan tercipta begitu pula sebaliknya.

 Hubungan sosialisasi yang baik antara individu yang satu dengan yang lain sangat penting dalam menciptakan kehidupan masyarakat sosial yang teratur. Hubungan baik antara individu dengan individu sangat diperlukan karena ini adalah hubungan yang dibina paling awal dalam kehidupan masyarakat sosial.

Contoh suatu kehidupan yang ada pada kehidupan individu adalah manusia yang bisa menempatkan dirinya dan dapat beradaptasi pada lingkungan kehidupannya yang ada pada saat ini atau lingkungan yang dia tempati sekarang, ia harus bisa mengerti akan posisi yang bisa ia dapatkan dengan kelebihan yang dimiliki oleh dirinya. Dan biasanya masih membutuhkan adanya kelompok dan masyarakat.


► Keluarga 

Aspek individu, keluarga, masyarakat dan kebudayaan adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. Semua itu mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Jika tidak ada individu maka tidak akan terciptanya keluarga dan masyarakat. Individu tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya keluarga dan masyarakat karena keluarga dan masyarakat merupakan media untuk mengekspresikan aspek sosialnya, dan kalau tidak adanya keluarga dan masyarakat,seorang individu tidak akan pernah berkambang dan hanya melalui hidupnya sendiri.

Di dalam kehidupan berkeluarga, sosialisasi yang baik sangat diperlukan dalam mempertahankan keharmonisan hubungan di dalam keluarga. Keluarga merupakan sebagai lingkungan utama dalam membentuk kepribadian anggota di dalam keluarga tersebut.
Dalam ilmu sosial individu merupakan bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Umpama keluarga sebagai kelompok sosial yang terkecil terdiri dari ayah, ibu dan anak. Ayah merupakan individu yang sudah tidak dapat dibagi lagi, demikian pula Ibu. Anak masih dapat dibagi sebab dalam suatu keluarga jumlah anak dapat lebih dari satu.
Contoh yang dapat kita ketahui dari kehidupan berkeluaga adalah kehidupan yang merupakan kelompok msayarakat kecil yang hanya terdiri dari ayah,ibu dan anak yang sudah tidak individu lagi karena sudah memiliki keluarga terkecuali sang anak sudah menjadi dewasa dan siap untuk hidup mandiri atau sebagai mahkluk individu.Dan dalam kehidupan ini dapat tergolong dalam kehidupan bermasyarakat atau ruang lingkupnya lebih luas lagi.


► Masyarakat

Hubungan di lingkungan masyarakat yang terjalin dengan baik merupakan hasil dari hubungan yang baik antara individu dengan individu dan di dalam hubungan keluarga. Sama seperti keluarga, masyarakat merupakan media untuk mengekspresikan segala hal yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial. Individu pun tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya masyarakat. Masyarakat adalah sekumpulan individu yang mengadakan kesepakatan bersama untuk secara bersama-sama mengelola kehidupan. Terdapat berbagai alasan mengapa individu-individu tersebut mengadakan kesepakatan untuk membentuk kehidupan bersama.

 Alasan-alasan tersebut meliputi alasan biologis, psikologis, dan sosial. Pembentukan kehidupan bersama itu sendiri melalui beberapa tahapan yaitu interaksi, adaptasi, pengorganisasian tingkah laku, dan terbentuknya perasaan kelompok. Setelah melewati tahapan tersebut, maka terbentuklah apa yang dinamakan masyarakat yang bentuknya antara lain adalah masyarakat pemburu dan peramu, peternak, holtikultura, petani, dan industri. Di dalam tubuh masyarakat itu sendiri terdapat unsur-unsur persekutuan sosial, pengendalian sosial, media sosial, dan ukuran sosial.

Pengendalian sosial di dalam masyarakat dilakukan melalui beberapa cara yang pada dasarnya bertujuan untuk mengontrol tingkah laku warga masyarakat agar tidak menyeleweng dari apa yang telah disepakati bersama. Walupun demikian, tidak berarti bahwa apa yang telah disepakati bersama tersebut tidak pernah berubah. Elemen-elemen di dalam tubuh masyarakat selalu berubah di mana cakupannya bisa bersifat mikro maupun makro.




Kesimpulan 

Dari semua catatan di atas yang membahas tentang kehidupan sosial, kita dapat menyimpulkan bahwa semua itu mempunyai keterkaitan yang sangat erat antara satu dengan yang lainnya. Jika tidak ada individu maka tidak akan terciptanya keluarga dan masyarakat. Individu tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya keluarga dan masyarakat karena keluarga dan masyarakat merupakan suatu media untuk mengekspresikan aspek sosialnya. Dalam ilmu sosial individu merupakan bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Umpama keluarga sebagai kelompok sosial yang terkecil terdiri dari ayah, ibu dan anak. Ayah merupakan individu yang sudah tidak dapat dibagi lagi, demikian pula Ibu. Anak masih dapat dibagi sebab dalam suatu keluarga jumlah anak dapat lebih dari satu.Didalam kehidupan bermasyarakat memiliki contoh dalam kehidupan yaitu gotong royong, saling bantu-membantu antara tetangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar