Perkembangan Komputer Berdasarkan Generasinya
1. Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)
· Menggunakan tabung hampa udara (Vacuum Tube) untuk sirkutnya
· Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (Machine Language)
· Menggunakan konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage
· Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas
· Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin. Prosesnya kurang cepat dan simpanan (memorinya) kecil
· Membutuhkan daya listrik yang besar dan berorientasi pada aplikasi bisnis
Contoh dari komputer generasi pertama, adalah :
· ENIAC (Elektronic Numerical Integrator and calculator) dimulai tahun 1942
· HARDVARD MARK II dibuat pada bulan juli tahun 1947 dan mempunyai kemampuan 12 kali lebih besar daripada HARDVARD MARK II
2. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
· Komponen
yang digunakan adalah transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell
Laboratories oleh John Bordeen, William Shockley dan Wolther Brattain
pada tahun 1947
· Program dapat dibuat dan Bahasa Tingkat Tinggi, misalnya : Fortran, Cobol, Algol
· Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter
· Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
· Mempunyai kemampuan proses real-time dan time-sharing
· Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama
· Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi perdetik
· Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
· Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tapi juga ke aplikasi teknik.
Contoh dari komputer generasi kedua, adalah : IBM model 1620, IBM model 1401, dll.
3. Komputer Generasi Ketiga (1946 – 1970)
· Komponen
yang digunakan adalah IC (Integrated Circuit) yang berbentuk Hybrid
Integrated Circuit dan Monolithic Integrated Circuit
· Peningkatan dari softwarenya
· Lebih cepat dan lebih tepat kec. +/-10000x dari komputer generasi pertama
· Kapasitas memori komputer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter
· Menggunakan
penyimpanan luar yang sifatnya random access yang (dapat masuk record
data secara acak) yaitu disk magnetic yang berkapasitas besar (jutaan
karakter)
· Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya
· Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing dan multiprogramming
· Pengembangan
dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang
bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan
mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta Magnetic yaitu
MICR (Magnetic Ink Character Recognition)
· Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya
· Kemampuannya melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer yang lainnya, misalnya : lewat alat komunikasi telepon
Contoh dari komputer generasi ketiga, adalah : IBM S/370 dan UNIVAC 1106
4. Komputer Generasi Keempat (1970 – 1990)
· Penggunaan Large Scale Integration (LSI) disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration
· Dikembangkan
komputer Mikro yang menggunakan Micro Processor dan Semi Conductor yang
berbentuk Chip untuk memori komputer generasi sebelumnya masih
menggunakan Magnetic Core Storage
· Biaya lebih besar dan pembuatannya sangat rumit
· Dibuat dengan rangkaian terpadu bertingkat tinggi
5. Komputer Generasi Kelima (mulai 1990-an)
· Komputer ini sedang dalam pengembangan komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration)
· Teknologi yang kemungkinan bisa menggantikan Chips
· Dapat menterjemahkan bahasa manusia dan manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer
· Penghematan energy komputer
· Dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat
Pada
komputer terdapat berbagai klasifikasinya dalam hal appaun. Setiap
komputer tentunya memilik klasifikasi masing-masing. Disini membahas
mengenai klasifikasi arsitekturnya menurut Von Neumann dan Non Von
Neumann.
Kriteria mesin Von Neumann :
1. Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah I/O sistem
2. Merupakan stored-program computer
3. Menjalankan instruksi secara berurutan
4. Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program yang dapat dijalankan
3. Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
1. SISD (Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu persatu.
2. SIMD (Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen Pemroses
3. MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama.
Ada dua kategori:
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4. MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream
Juga disebut multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut terhadap dengan datanya masing-masing,
Kualitas
arsitektur komputer merupakan suatu yang menentukan komputer itu baik
atau tidak. Komputer dikatakan baik jika memiliki kualitas yang baik
dalam hal apapun. Begitu juga komputer dikatakan tidak baik jika
komputer tersebut tidak dapat memenuhi apa yg diperintahkan atau
diinginkan pengguna. Hal yang dipenuhi inilah yang disebut dengan
kualitas. Adapun kualitas arsitektur komputer yaitu :
1 1. Generalitas adalah ukuran besamya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
2 2. Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya.
3 3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.
4 4. Kemudahan
penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem
untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut,
misalnya sistem pengoperasiannya atau compilernya. Oleh karena itu,
kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan
generalitas.
5 5. Daya
terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam
jangkauan yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit
untuk membuat mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
6. Daya
kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori
maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun
komputer memungkinkan perancang untuk menggunakan ukuran memori yang
berjangkauan luas dalarn anggota rumpun.\#
Faktor
keberhasilan merupakan sesuatu yang membuat dapat terlaksananya suatu
hal yang dilakukan. Dalam komputer faktor keberhasilan merupakan sesuatu
yang ada pada komputer dimana hal itu membuat komputer dapat
melaksanakan tugasnya atau yang diperintahkan pengguna dengan baik.
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu :
1. Aplicability
Arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
2. Maleability
Bila arsitekturlebih mudah membangunsistem yang kecil, maka akan lebih baik.
3. Expandibility
Lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi, ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka akan lebih baik.
4. Comptible
5. Struktur Dasar Komputer dan Organisasi Komputer
Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar, yaitu:
- Unit masukan (Input Unit) yaitu dimana terdapat perintah atau instruksi yang dilakukan kepada komputer oleh pengguna
- Unit kontrol (Control Unit) merupakan suatu unit yang berfungsi untuk mengontrol atau mengendalikan semua yang terdapat dalam komputer
- Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU) adalah suatu unit dimana berisi fungsi-fungsi logika dan matematika atau perhitungan
- Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit) yaitu unit penyimpanan dana yang dilakukan komputer
- Unit keluaran (Output Unit) merupakan suatu hasil yang diharapkan dari suatu inputan yang telah dimasukkan
Sumber :
http://ozygazebo.blogspot.com/2011/10/arsitektur-komputer.html
http://cruzadercruzer.blogspot.com/2011/11/perspektif-historis.html
http://cruzadercruzer.blogspot.com/2011/11/perspektif-historis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar