# Struktur Dasar Komputer
Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar, yaitu:
* Unit masukan (Input Unit)
Berfungsi untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke Memory / penyimpanan.
* Unit kontrol (Control Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh
sistem komputer. Ia berfungsi seperti pengatur rumah tangga komputer,
memutuskan urutan operasi untuk seluruh sistem, membangkitkan dan
mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan operasi-operasi
dan arus data.
* Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU)
Berfungsi untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika &
logika seperti menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan
memangkatkan.
* Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit)
Berfungsi untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan
sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU
yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran.
* Unit keluaran (Output Unit)
Berfungsi untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori.
Control
Unit dan ALU membentuk suatu unit tersendiri yang disebut Central
Processing Unit (CPU). Hubungan antar masing-masing unit yang membentuk
suatu sistem komputer dapat dilihat pada gambar berikut:
Struktur Dasar Komputer
Data
diterima melalui Input Device dan dikirim ke Memory. Di dalam Memory
data disimpan dan selanjutnya diproses di ALU. Hasil proses disimpan
kembali ke Memory sebelum dikeluarkan melalui Output Device. Kendali dan
koordinasi terhadap sistem ini dilakukan oleh Control Unit. Secara
ringkas prinsip kerja komputer adalah Input – Proses – Output, yang
dikenal dengan singkatan IPO.
# Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan
unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek
organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih
cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh
apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori
merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan
tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui
mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Sumber :
http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/07/struktur-dasar-komputer/
http://arifpane.blogspot.com/2010/01/organisasi-komputer.html/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar